Hai sobat Arsi seluruh Indonesia! Salam kreatif untuk kita semua.

Program Studi Arsitektur Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Web Seminar (Webinar) Nasional bernama KUAS #3 (Kuliah Umum Arsitektur Ke-3). Kegiatan ini dilangsungkan melalui media Zoom Meeting dan juga Live YouTube pada hari Selasa, 22 Maret 2022.

KUAS #3 kali ini diselenggarakan dengan tema “Metode Perancangan Arsitektur” bersama narasumber Bapak Thoat Fauzi, IAI pada pukul 09.00 WIB. Forum Webinar ini juga dihadiri oleh mahasiswa UNISA dan umum, serta dosen arsitektur UNISA di antaranya Ibu Aprodita Emma Yetti, S.T., M.Sc, Bapak Ardiansyah Rahmat Hidayatullah, S.Ars, M.Arch., dan Ibu Riri Chairiyah S.T., M.Arch. selaku moderator pada kegiatan KUAS #3 kali ini.

Thoat Fauzi, IAI (Pemateri KUAS #3)

Dalam diskusi forum Zoom tersebut, Bapak Thoat sebagai narasumber membagikan pengalamannya tentang perancangan arsitektur. Selain itu, Bapak Thoat juga bercerita banyak tentang teknik-teknik perancangan dan hasil rancangan beliau. Hal tersebut karena beliau adalah seorang arsitek yang memiliki pengalaman yang luas dalam perancangan arsitektur. Partisipan yang hadir di dalam forum zoom juga tak kalah aktif untuk mengajukan banyak pertanyaan yang membahas seputar perancangan arsitektur.

Selain penyampaian materi yang luar biasa dari Bapak Thoat Fauzi, Prodi Arsitektur UNISA juga memberikan penghargaan sertifikat SUPER AWARD di penghujung acara KUAS #3 kepada sejumlah mahasiswa yang telah menuntaskan serangkaian tugas Studio Perancangan dari minggu awal hingga Ujian Akhir Semester. SUPER AWARD merupakan bentuk apresiasi Prodi Arsitektur UNISA terhadap hasil karya mahasiswa-mahasiswi arsitektur yang terbaik.

Kegiatan Web Seminar (Webinar) KUAS #3 UNISA ini diikuti para peserta dengan antusias dari awal hingga acara selesai.

Apa Itu KUAS?

Mungkin ada beberapa sobat Arsi yang bertanya, “Apa itu KUAS?” Nah, KUAS merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Prodi Arsitektur UNISA dalam rangka menambah wawasan dan motivasi belajar. Pembahasan materinya terkait berbagai ilmu yang berhubungan dengan arsitektur. 

Kegiatan KUAS ini selalu diisi oleh narasumber-narasumber terkenal yang luar biasa menyenangkan dan penuh pengalaman. Sehingga para peserta KUAS tidak perlu sungkan untuk bertanya terkait pengalaman maupun materi yang dibawakan. Kabar baiknya adalah Webinar KUAS ini boleh diakses oleh khayalak umum tanpa dipungut biaya sepeser pun, kecuali jika peserta ingin mendapatkan sertifikat peserta webinar. Namun, sesungguhnya dana yang diberikan oleh para peserta akan digunakan untuk berbagai kegiatan sosial.

Dalam pelaksanaan KUAS ini, Prodi Arsitektur UNISA menyediakan forum terbuka bagi mahasiswa dan dosen arsitektur melalui platform Zoom Meeting, yang nantinya akan dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan. Tak perlu khawatir, bagi peserta yang belum bisa mengikuti kegiatan KUAS secara langsung dalam forum Zoom, Prodi Arsitektur UNISA telah menyediakan alternatif lain bagi kalian agar tetap bisa mengikuti kegiatan KUAS ini, yaitu melalui channel YouTube Prodi @Arsitektur UNISA Yogyakarta. 

#KUAS #WEBINARARSITEKTUR

Poster Dokumentasi KUAS #3